Langsung ke konten utama

Organisasi dan Arsitektur Komputer

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Komputer ialah alat elektronik yang memiliki banyak fungsi dan mampu mengerjakan banyak tugas. Komputer adalah sekumpulan alat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sehingga dapat menerima data, mengolah data, dan menghasilkan suatu keluaran yang berupa informasi (Input => Proses => Output).

  1. Pengertian Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang di desain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih di fokuskan terutama mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll.
Arsitektur Komputer juga bisa diartikan sebagai Atribut - atribut sistem komputer yang diciptakan oleh seorang programer. Arsitektur dapat bertahan lama dan sama. Contoh : set intruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

  1. Pengertian Organisasi Komputer
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan  aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yamg terkait dengan seorang programer. Contohnya set intruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Dan juga didefinisikan dan di kategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara intrkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja dan terget biayanya.
Organisasi Komputer juga bisa diartikan sebagai bagian yang terkait dengan  unit - unit operasional. Berbeda dengan arsitektur, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi dan dapat berbeda. C ontoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori dan sinyal - sinyal kontrol.

              Perbedaan Utamanya
1.      Organisasi Komputer :
Bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional.
Contoh : Teknologi Hardware, perankat antarmuka, teknologi memori, sistem memori dan sinyal-sinyal control. 
2.      Arsitektur Komputer
Atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programer.
Contoh : Set intruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

  1. Struktur dan Fungsi.
Struktur merupakan bagaimana masing - masing komponen saling berhubungan satu sama lain.
 Fungsi adalah operasi dari masing - masing komponen sebagai bagian dari 

 Fungsi Komputer
Semua komputer memiliki 4 fungsi yaitu :
1.      Pengolahan Data.
2.      Penyimpanan Data.
3.      Pemindahan Data.
4.      Kendali - Control.
  1. Penjelasan Unit Fungsional
                                i.       Input Device berfungsi sebagai alat untuk memasukan data / perintah kedalam computer.
                              ii.       Output Device berfungsi untuk menampilkan hasil keluaran dapat berupa hardcopy atausoftcopy
                              iii.     I/O Ports merupakan colokan I/O yang dapat menerima atau mengirim data ke system.
                            iv.       CPU berfungsi sebagai pusat pengolahan data dan pengontrol kerja computer.
                              v.       Memory merupakan alat penyimpan data saat pertama kali digunakan.
                            vi.       Address BUS berfungsi sebagai alamat lokasi berada.
                          vii.      Data BUS berfungsi sebagai alat pengangkut data atau pemindah data.
                        viii.       Control BUS berfungsi sebagai pengendali untuk mengontrol pengunaan serta akses ke data bus danaddres bus.

Referensi :
  1. http://indrarmcf.blogspot.co.id/2014/01/penjelasan-organisasi-arsitektur.html
  2. https://sanusiadam79.wordpress.com/2015/11/17/pengertian-dan-perbedaan-organisasi-komputer-dengan-arsitektur-komputer/
  3. http://begal-tech.blogspot.co.id/2015/03/materi-tkj-organisasi-dan-arsitektur-komputer.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

GAME BASED LEARNING

Game-Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi permainan/game yang telah dirancang khusus untuk membantu dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan Game-Based Learning kita dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu Emotional, Intellectual, Psycomotoric. Game-Based Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang dirasa cocok dengan kondisi dari generasi digital sekarang ini karena tiga alasan berikut ini : Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan membuat semakin motivasi siswa untuk belajar. Kompetisi dan kerjasama tim dalam menyelesaikan misi yang ada dalam aplikasi game juga dapat menambahkan komponen motivasi pada siswa. Umpan balik yang cepat dan spesifik memberikan kemudahan bagi siswa untuk memikirkan cara lain yang tepat untuk menyelesaikan penugasannya. Tapi memang ada dampak buruk yang bisa jadi timbul, di antaranya : Adanya anggapan bahwa ini hanya sekedar permainan/game. Jik...

ALGORITMA DAN FLOWCHART INSERTION SORT DAN BUBBLE SORT

Insertion Sort Algoritma : Mulai Ma suk kan inputan ( I = 2 ) maksudnya terdapat 2 inputan . Jika I < = 2 Jika Ya Maka inputan disebut dengan data Jika Tidak Maka prosesnya akan berhenti atau stop Temp < data { j } : sebelum penyortiran atau urutan Jika inputannya kurang dari ketentuan,maka program ini akan memintanya dengan coding         J = J – 1 Data {j+1}=temp : sesudah di sortir atau di urutkan. Selesai   Flowchart : Bubble Sort Algoritma : Tentukan Jumlah Bilangan yang akan di inputkan . Inputkan bilangan 4,2,3,8,5 . Bandingkan bilangan 1 >/< bilangan 2 . Jika benar pindahkan bilangan 2 ke bilangan sisip . Pindahkan bilangan 1 ke bilangan 2 . Pindahkan bilangan sisip ke bilangan 1 Jika tidak lanjutkan proses Bandingkan bilangan 2 >/< bilangan 3 Jika benar pindahkan bilangan 3 ke bilangan sisip Pindahkan bilangan 2 ke bilangan 3 Pindahkan bilangan sisip...

INTERPOLATION SEARCH

Metode Pencarian Interpolasi Pencarian interpolasi adalah metode pencarian dengan cara mencari letak atau posisi data yang akan dicari. Teknik ini dilakukan pada data yang sudah terurut, p encarian ini tidak mencari posisi tengah seperti halnya   pencarian biner, melainkan menentukan posisi berikutnya. Algoritma pencarian interpolasi memiliki kerumitan dalam hal perhitungan untuk menentukan posisi rekaman yang akan diperiksa berikutnya dibandingkan dengan pencarian biner . Teknis pencarian Interpolasi :             Proses pencarian dengan metode interpolasi ini adalah menggunakan rumus yang sudah di tentukan, yaitu : 1.  Data yang dicari dikurangi dengan data awal (data yang ada pada index ke-0) 2. Hasil dari langkah pertama dikalikan dengan hasil dari pengurangan antara awal dan akhir yang sudah di tambahkan dengan awal 3. Hasil dari perkalian langkah nomor 2 dibagi dengan hasil dari pengurangan ant...