Langsung ke konten utama

PENGANTAR STATISTIK

Assalamualaikum Wr.Wb

STATISTIK DAN STATISTIKA

Pembahasan :
A. Pengertian Statistik dan Statistika
B. Jenis dan Kegunaan Statistik
C. Data dan Penyajian
D. Jenis-Jenis data statistik

Penjelasan :

A. Pengertian Statistik dan Statistika

I.  STATISTIK
Statistik dapat diartikan dalam arti sempit dan arti luas.
Dalam arti sempit, statistik berarti data ringkasan berbentuk angka (kuantitatif). Statistik penduduk misalnya, adalah ringkasan data berbentuk angka mengenai penduduk. Contohnya : Jumlah Penduduk, Rata-rata umur penduduk, persentase penduduk yang belum memiliki e-ktp, dll.
Dalam arti luas, statistik berarti suatu ilmu yang mempelajari cara pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan analisis data serta cara pengambilan kesimpulan dengan memperhitungkan unsur ketidakpastian berdasarkan konsep probabilitas.

II.  STATISTIKA
Statistika merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara pengumpulan data, pendoahan data, penyajian data dan analisa data serta bagaimana menyimpulkan suatu data.

B.  Jenis dan Kegunaan Statistik

Jenis – Jenis Statistik
I. Statistik Deskriptif
Statistik Deskriptif adalah bagian ilmu statistika yang bertujuan hanya sebatas        menggambarkan atau mendeskripsikan tanpa adanya penarikan kesimpulan.

II. Statistik Induktif
RStatistik Induktif adalah Bagian ilmu statistika yang digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasikan data sampel dan hasilnya akan digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel diambil. Statistik Induktif dibedakan menjadi dua bagian :

1. Statistik Parametis, digunakan untuk menganalisa data interval atau data rasio yang diambil dari populasi, dimana populasi yang diambil berdistribusi normal.
2. Statistik non Parametis, digunakan untuk menganalisa data nominal dan ordinal pada popolasi yang tidak harus berdistribusi normal.

Kegunaan Statistik

Statistik dapat digunakan dalam :
1. Penyusunan Model
2. Perumusan Hipotesis
3. Pengembangan alat pengambil data
4. Penyusunan rancangan penelitian
5. Penentuan Sampel
6. Analisis data

Setelah keenam poin diatas dikerjakan, data akan diinterpretasikan sehingga bermakna dan dapat ditarik kesimpulan.

C. Data dan Penyajian

Data merupakan fakta yang dapat dipercaya kebenaranya. Jadi Data memiliki syarat utama yaitu harus benar. Jika hanya isu atau dugaan, itu artinya tidak atau belum bisa disebut sebagai data.
Data Statistik tidak hanya cukup dikumpulkan dan diolah, tetapi juga perlu disajikan dalam bentuk yang mudah diolah dan dimengerti oleh pengambil keputusan. Data statistik dapat disajikan dalam bentuk Tabel atau Grafik.

Penyajian dengan Tabel
1. Tabel satu arah, yaitu tabel yang memuat keterangan mengenai satu hal atau satu   karakteristik saja.



2. Tabel dua arah, yaitu tabel yang menunjukkan dua hal atau dua karakteristik.


3. Tabel tiga arah, yaitu tabel yang menunjukkan tiga hal atau tiga karakteristik.



Penyajian dengan Grafik
1. Grafik Garis Tunggal, yaitu grafik yang terdiri dari satu garis untuk menggambarkan satu perkembangan dari suatu karakteristik.


2. Grafik Garis Berganda, yaitu grafik yang terdiri dari beberapa garis untuk menggambarkan beberapa perkembangan atau kejadian sekaligus


3. Garfik Garis Komponen Berganda, serupa dengan grafik berganda, tetapi garis yang teratas atau terakhir menggambarkan jumlah (total) dari komponen-komponen, sedangkan garis lainnya menggambarkan masinh-masing komponen.


4. Garfik Garis Persentase Komponen Berganda, serupa dengan grafik garis berganda, kecuali bahwa masing-masing nilai komponen dinyatakan dalam persentase, sehingga garis teratas atau terakhir merupakan garis yang menunjukkan nilai 100%.




D. Jenis-Jenis Data Statistik

1. Data menurut Sumbernya, mengacu pada sumber perolehan data, yakni internal dan eksternal
    a.  Data Internal, yaitu data yang bersumber dari keadaan atau kegiatan suatu organisasi atau kelompok.
    b. Data Eksternal, yaitu data yang bersumber dari luar organisasi atau kelompok.
2. Data menurut cara memperolehnya
    a. Data Primer, yaitu data yang dikumpulkan atau diolah sendiri oleh suatu organisasi atau perorangan lansgsung dari objeknya.
    b. Data Sekunder, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk jadi dan telah diolah oleh pihak lain, yang biasanya dalam bentuk publikasi (BPS, LIPI, KPU, BI).
3. Data menurut waktu pengumpulannya
    a. Data Cross Section, yaitu data yang dikumpulkan dalam suatu periode tertentu, biasanya menggambarkan keadaan periode tersebut.
    b. Data Berkala, yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu, data ini menggambarkan perkembangan suatu kegiatan dari waktu ke waktu.


Referensi :
* J. Supranto, M.A. (2008), Statistik Teori dan Aplikasi
* Pangestu Subagyo, Drs, M.B.A, Statistika Terapan
* Hendridonard.blogspot.com
* Materi-statistik.blogspot.com
* https://rohatiku.wordpress.com/2012/11/04/dasar-dasar-statistika-penyajian-data-statistik/
* http://slideplayer.info/slide/3727571/
* http://eijuntwenty.blogspot.co.id/2014/05/jenis-jenis-tabel.html
* https://rohatiku.wordpress.com/2012/11/04/dasar-dasar-statistika-penyajian-data-statistik/
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GAME BASED LEARNING

Game-Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi permainan/game yang telah dirancang khusus untuk membantu dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan Game-Based Learning kita dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu Emotional, Intellectual, Psycomotoric. Game-Based Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang dirasa cocok dengan kondisi dari generasi digital sekarang ini karena tiga alasan berikut ini : Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan membuat semakin motivasi siswa untuk belajar. Kompetisi dan kerjasama tim dalam menyelesaikan misi yang ada dalam aplikasi game juga dapat menambahkan komponen motivasi pada siswa. Umpan balik yang cepat dan spesifik memberikan kemudahan bagi siswa untuk memikirkan cara lain yang tepat untuk menyelesaikan penugasannya. Tapi memang ada dampak buruk yang bisa jadi timbul, di antaranya : Adanya anggapan bahwa ini hanya sekedar permainan/game. Jik...

ALGORITMA DAN FLOWCHART INSERTION SORT DAN BUBBLE SORT

Insertion Sort Algoritma : Mulai Ma suk kan inputan ( I = 2 ) maksudnya terdapat 2 inputan . Jika I < = 2 Jika Ya Maka inputan disebut dengan data Jika Tidak Maka prosesnya akan berhenti atau stop Temp < data { j } : sebelum penyortiran atau urutan Jika inputannya kurang dari ketentuan,maka program ini akan memintanya dengan coding         J = J – 1 Data {j+1}=temp : sesudah di sortir atau di urutkan. Selesai   Flowchart : Bubble Sort Algoritma : Tentukan Jumlah Bilangan yang akan di inputkan . Inputkan bilangan 4,2,3,8,5 . Bandingkan bilangan 1 >/< bilangan 2 . Jika benar pindahkan bilangan 2 ke bilangan sisip . Pindahkan bilangan 1 ke bilangan 2 . Pindahkan bilangan sisip ke bilangan 1 Jika tidak lanjutkan proses Bandingkan bilangan 2 >/< bilangan 3 Jika benar pindahkan bilangan 3 ke bilangan sisip Pindahkan bilangan 2 ke bilangan 3 Pindahkan bilangan sisip...

INTERPOLATION SEARCH

Metode Pencarian Interpolasi Pencarian interpolasi adalah metode pencarian dengan cara mencari letak atau posisi data yang akan dicari. Teknik ini dilakukan pada data yang sudah terurut, p encarian ini tidak mencari posisi tengah seperti halnya   pencarian biner, melainkan menentukan posisi berikutnya. Algoritma pencarian interpolasi memiliki kerumitan dalam hal perhitungan untuk menentukan posisi rekaman yang akan diperiksa berikutnya dibandingkan dengan pencarian biner . Teknis pencarian Interpolasi :             Proses pencarian dengan metode interpolasi ini adalah menggunakan rumus yang sudah di tentukan, yaitu : 1.  Data yang dicari dikurangi dengan data awal (data yang ada pada index ke-0) 2. Hasil dari langkah pertama dikalikan dengan hasil dari pengurangan antara awal dan akhir yang sudah di tambahkan dengan awal 3. Hasil dari perkalian langkah nomor 2 dibagi dengan hasil dari pengurangan ant...